D3 AERONAUTIKA

Posted on Updated on

Program studi Aeronautika AE) bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan siap bekerja sebagai seorang ahli perawatan pesawat udara (Aircraft Maintenance Engineer) yang memenuhi kualifikasi untuk bekerja di perusahaan penerbangan sipil nasional maupun internasional.

Untuk memenuhi kualifikasi sesuai tuntutan sebagai Aircraft Maintenance Engineer, kurikulum yang diselenggarakan oleh Program Studi Aeronautika mengacu kepada kebutuhan pasar (di perusahaan penerbangan sipil) dan sesuai dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (Civil Aviation Safety Regulation/CASR). Dengan kurikulum tersebut, maka para taruna/mahasiswa Program Studi Aeronautika dapat mengikuti ujian Aircraft Maintenance Engineer Licence dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara RI. Ujian tersebut diselenggarakan di STTKD. Prodi AE mempunyai konsentrasi: A/C Airframe, Power plant, Avionic system.

aeronautika

Sarana praktikum yang dimiliki oleh Program Studi Aeronautika cukup memadai untuk melaksanakan praktikum. Sarana praktikum yang dimiliki diantaranya; Bengkel Produksi, Laboratorium Gambar Teknik, Engine Shop, Piston Engine dan Jet Engine, Airframe Pesawat CASA NC 212-200, Laboratorium Elektronika.

Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan di perusahaan penerbangan sipil yang telah disetujui oleh Direktorat Sertifikasi Kelaikan Udara (DSKU) Ditjen Perhubungan Udara, sehingga dengan berbekal pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman serta Licence, lulusan Program Studi Aeronautika merupakan Sumber Daya Manusia yang siap pakai dan memenuhi standar kualifikasi seperti yang dipersyaratkan baik nasional maupun internasional.

VISI

Pusat keunggulan di bidang Aeronautika.

MISI

1.Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang Aeronautika yang unggul dan bermutu dalam rangka membentuk kualitas tenaga-tenaga praktisi yang professional dalam dunia airliner.
2.Meningkatkan kualitas penelitian, publikasi dan aplikasinya di Bidang Aeronautika yang dapat mendukung pendidikan, dan pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat di Bidang Aeronautika untuk pengembangan industri jasa penerbangan di Indonesia.

TUJUAN

Menghasilkan ahli madya bidang Teknik Penerbangan terutama teknisi, dan teknik perawatan pesawat terbang yang memiliki integritas kepribadian, berjiwa pemimpin, dan beretika professional dan mampu bersaing di dunia kerja di masa kini dan mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s